KeRmIT: Instalasi komputer Dual Boot

From mUTU
Jump to: navigation, search

Bagi rekan-rekan yang ingin menginstal Komputer di rumah dengan dual Boot atau 2 OS ( Windows dan Linux) saya akan mensharing beberapa pengetahuan saya.

pertama-tama kita harus menyiapkan Ruang Hardisk /partisi HDD untuk ke dua OS tersebut. karena file Sistem dari kedua OS tersebut berbeda. Jika windows berjalan di FAT,FAT32,NTFS tapi untuk linux membutuhkan ext2.ext3

Cara yang biasa saya lakukan dengan menpersiapkan ruang hdd kosong untuk linux yaitu dengan cd bootable Hiren's yang bisa di download di http://projectw.org/viewtopic.php?f=23&t=512376&hilit=hiren tetapi bisa juga dengan cara yang lain misalkan mengunakan PartitionMagic 8.0 intinya kita harus beri partisi kosong untuk LINUX.

Langkah pertama , Install terlebih dahulu OS Windows, ketika instal OS windows sudah berhasil baru kita mulai dengan mengistall linux.

yang perlu di perhatikan ketika instal linux di page partision kita harus teliti, di situ ada 3 pilihan

  1. Hapus seluruh partisi yang ada
  2. Hapus seluruh partisi Linux yang ada
  3. GUnakan Sisa hardisk yang kosong.


Jika kita piliha yang 1. Otomatis windows kita akan ke hapus semua. untuk pilihan no 2. berlaku jika kita sudah punya partisi linux. karena saya tadi sudah mempersiapkan ruang kosong tuk linux jadi saya pilih no 3.

Untuk Proses teknik Instalasi linux yang lebih lengkap bisa di cari di google, aku bisa juga download artikel Pak Onno di http://onno.vlsm.org/v10/onno-ind-2/application/linux/teknik-instalasi-linux-10-2001.rtf


Berikut kutipan dari artikel Tersebut


Siapkan Partisi Untuk Linux

Bagian ini merupakan bagian yang paling seru, merupakan seni tersendiri & sangat tergantung pada kebutuhan kita maupun kondisi awal harddisk yang akan kita instalasi. Minimal sekali Linux akan membutuhkan partisi:


 Directory / Mount	File System	Ukuran
/	                    Ext2	     1 Gbyte
/home	                    Ext2	     100Mbyte
Swap	                    Swap	     64Mbyte

Proses setting partisi dapat dilakukan secara automatis oleh Linux atau secara manual.

Instalasi Linux

Masukan CD Linux Mandrake (CD 1) ke CD drive & booting komputer. Mohon di pastikan bahwa anda telah menset BIOS agar urutan booting adalah:

FDD (floppy) >>> CDROM >>> HDD (harddisk).

Jika booting dari CDROM Linux dapat dilakukan dengan baik maka anda akan melihat logo Linux Mandrake pada layar. Anda dapat langsung menekan tombol ENTER untuk melanjutkan proses instalasi.


Demikian informasi yang bisa saya sharing. semoga bermanfaat tuk teman-teman semua.

By.User:Ghufron26